Sabtu, 10 April 2010

Komunikasi


* Proses Komunikasi
Proses komunikasi adalah bagaimana cara mengkomukasikan suatu pesan kepada orang lain, sehingga dapat dapat menciptakan suatu persamaan makna antara satu oaring denagan orang yang lainnya. Proses Komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yag efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya).
Proses Komunikasi, banyak melalui perkembangan. Pada penjelasan ini, akan dijelaskan berbagai proses komunikasi melalui model-model komunikasi itu sendiri :

• Komunikasi menurut Aristoteles

Aristoteles menerangkan tentang model komunikasi dalam bukunya Rhetorica, bahwa setiap komunikasi akan berjalan jika terdapat 3 unsur utama :
1. Pembicara, yaitu orang yang menyampaikan pesan
2. Apa yang akan dibicarakan (menyangkut Pesan nya itu sendiri)
3. Penerima, orang yang menerima pesan tersebut.

* Petunjuk dalam melakukan komukasi yang efektif

Komunikasi yang efektif itu pada dasarnya adalah upaya bagaimana kita meraih perhatian, cinta kasih, minat, kepedulian, simpati, tanggapan, maupun respon positif dari orang lain.sesungguhnya dalam berkomukasi yang baik ada lima hal yang perlu diperhatikan:

1. saling menghormati (respect)
2. empati (empathy)
3. terdengar (audible)
4. kejelasan (clarity)
5. rendah hati (humble)

* Saling Menghormati (respect)
Misalnya dalam suatu komunikasi kita harus saling menghargai atau menghormati setiap individu-individu tersebut. Jika kita bahkan harus mengkritik atau memarahi seseorang, lakukan dengan penuh respek terhadap harga diri dan kebanggaaan seseorang, agar kita dapat membangun sikap saling menghargai dan menghormati dalam berkomukasi.

* Empati (empathy)
Salah satu syarat utama dalam memiliki sikap empati adalah kemampuan kita untuk mendengarkan atau mengerti terlebih dulu sebelum didengarkan atau dimengerti oleh orang lain.

Secara khusus Covey menaruh kemampuan untuk mendengarkan sebagai salah satu dari 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif, yaitu kebiasaan untuk mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti (Seek First to Understand -
understand then be understood to build the skills of empathetic listening that inspires openness and trust). Inilah yang disebutnya dengan Komunikasi Empatik. Dengan memahami dan mendengar orang lain terlebih dahulu, kita dapat membangun keterbukaan dan kepercayaan yang kita perlukan dalam membangun kerjasama atau sinergi dengan orang lain.

* Terdengar (audible)
Makna dari audible adalah dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik. Misalnya bila kita sedang berbicara kita harus berbicara yang jelas dan dapat didengar dan dimengerti oleh si lawan bicara kita.

* Kejelasan (clarity)
SikapClarity sama halnya dengan audible. Harus jelas dan dapat dimengerti dengan baik pesan yang kita bawa untuk si pendengar.

* Rendah hati (humble)
Sikap ini sama halnya dengan sikap respect dimana anda harus membangun rasa saling menghargai dan menghormati dan didasari pula oleh sikap rendah hati yang yang dibangun dari dalam diri.

sumber : google

Twitter
Facebook

0 Comments:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Alamat IP Anda

IP free counters Web Site Hit Counter
Bookmark and Share

Kurs Rupiah

 

Trust our Life Useful Copyright © 2010 LKart Theme Designed by wahyu